Air Terjun Jantur Doyan

AIR TERJUN JANTUR DOYAN BARITO UTARA

Tepatnya di Jl. Lintas Kalimantan Poros Tengah, Mukut, Kec. Lahei, Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah. Kawasan wisata Air Terjun Jantur Doyan merupakah salah satu daya tarik wisata di Kabupaten Barito Utara, Air terjun itu terletak sekitar 18 kilometer dari Kota Muara Teweh, ibu kota Kabupaten Barito Utara dan terdapat gerbang masuk yang besar untuk menyambut kedatangan wisatawan yang masuk kawasan air terjun ini.

Jarak kawasan air terjun dari gerbang mencapai sekitar 500 meter. Selama perjalanan menuju lokasi, di kiri dan kanan jalan, terdapat pepohonan yang besar, teduh, dan sangat sejuk. 

Untuk bisa sampai ke lokasi air terjun, ada tangga kayu yang didesain sedemikian rupa sehingga pengunjung betah berada di lokasi tersebut.

Air terjun itu memiliki tinggi sekitar empat meter. Di bawah air terjun, terdapat hamparan berbatuan yang mengalirkan air terjun ke sungai kecil.

Di samping kiri dan kanan, tampak tebing yang curam membentuk 90 derajat, Karena letaknya berada di tengah hutan, walau hari sedang terik pun disini tetap teduh dan sejuk.

Namun sayang, keindahan Air Terjun Jantur Doyan yang sudah dilengkapi berbagai fasilitas ini belum dikenal di kalangan luas, terlebih masyarakat dari luar provinsi yang berjuluk Bumi Tambun Bungai ini.

Comments

Post a Comment