GUNUNG LUMUT

 


"Gunung Lumut di Kalimantan Tengah"

Gunung Lumut adalah suatu pegunungan yang menjadi bagian dari kawasan pegunungan Muler – Schwaner (Sebutan yang diberikan untuk gugusan pegunungan yang menjadi  bagian jantung Kalimantan) berada di Kecamatan Gunung Purei, Kabupaten Barito Utara, Kalimantan tengah. Yang dimana memiliki luas sekitar 8.000 hetare (ha) dan memiliki puncak ketinggian sekitar 1.210  meter diatas permuakan laut (mdpl) yang saat ini  menjadi kawasan Hutan Lindung Lampeong Gunung Lumut dengan luas sekitar 28.000 ha.
Sesuai dengan namanya Gunung Lumut yang memiliki keistimewaan hamparan yang dipenuhi lumut menutupi batu, batang pohon dan tanah, diatas ketinggian sekitar 600 mdpl hamparan lumut sudah dapat terlihat menurut warga desa setempat.

Dan menurut kepercayaan warga desa setempat yang menyatakan bahwa adanya patok milik bangsa Belanda pada zaman kemerdekaan di atas puncak gunung lumut, masih belum diketahui kejelasannya dikarnakan medan tempuh yang dilalui untuk menuju puncak dari gunung lumut sangatlah sulit dan memakan waktu berhari-hari pastinya.
Dan mengingat unsur spiritualnya dari warga desa yang ada di seitar gunung lumut mengatakan bahwa gunung tersebut disakralkan oleh masyarakat dayak yang beragaman kaharingan bahwa gunung tersebut tidak boleh didaki, jika mendaki gunung lumut tidak sampai puncanya maka akan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan nantinya begitulah kata Mantung seorang Kepala Adat Desa Muara Mea.
Namun pernyataan berbeda dari artikel lain yang penulis pernah baca mengatakan pernah ada dilakukannya Ekspedisi Muller Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (ILPI) pada tahun 2003 lalu namun hanya sampai di puncak kelima dengan ketinggian sekitar 1.040 mdpl, dan setelah selama 23 hari melakukan Ekspedisi dan penelitian memutuskan untuk turun, salah satu alasannya yaitu kehabisan bahan air yang dapat dipergunakan untuk dapat sampai dipuncak tertinggi dari gunung lumut tersebut.



"Terimakasih telah membaca"

Comments

  1. Background nya coba yg agak cerah gan

    ReplyDelete
  2. Wah keren banget. Untuk kondisi dari Muara Teweh ke lokasi ini apakah sdh bagus?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih pak sudah mau berkunjung ,untuk kondisi nya menurut informasi yang saya dapatkan ada 2 jalur untuk menuju kecamatan gunung purei yakni melalui Jalan Negara Lintas Kal-Tim masuk ke arah Desa Jambu. Keadaan jalan ini cukup baik dibandingkan dengan jalur km 30 arah muara teweh-kandui akan tetapi jarak tempuh jalan ini lebih jauh dibandingkan dengan jalur simpang km 30 muara teweh-kandui. Dikarenakan banyak badan jalan yang tidak ada pengerasan. Akan tetapi jarak tempuh antara Muara teweh-Lampeong melalui jalur ini lebih dekat.

      Delete
  3. blog yang sangat menarik kunjungi juga
    https://gotechnoplus.blogspot.com/

    ReplyDelete

Post a Comment